Vespa, lebih dari sekedar soal uang, lebih dari sekedar alat transportasi

Setelah si skywave menginap di bengkel resmi suzuki setelah kecelakaan, bapak saya ternyata sudah ancang ancang memikirkan pengganti. Awalnya yang muncul di benak beliau adalah vespa. Ya, bapak saya walaupun bukan skuteris tapi respect sekali sama produk itali yang satu ini. Sebenarnya sudah ada satu unit vespa excel di rumah, khusus untuk jumatan. Setelah saya beri tahu kalau vespa juga ada yang baru langsung antusias. Setelah browsing kesana kemari akhirnya saya menemukan website yang bisa dijadikan rujukan. Di website sun motor disebutkan dengan lengkap price list dan spesifikasi si vespa. Glek. Saya cuma menelan ludah melihat price listnya. Vespa LX150 dibanderol 52juta. Bisa dapet byson dua biji bro. Ternyata harga yang cukup mengagetkan ini tidak membuat semangat bapak saya kendur. Pertanyaan berikutnya yaitu dealernya dimana. Dan ini yang membuat keinginan meminang vespa pun diurungkan. Adanya hanya di kota besar, yang terdekat surabaya. 3s nya menjadi kendala. Apalagi vespa ini sangat jarang ada sehingga sangat riskan untuk diservis di sembarang tempat.

Dan yang membuat saya heran, desain vespa ini tidak berubah. Masih kental sekali nuansa klasiknya walaupun sudah berteknologi modern. Pantas saja penggemar penggemarnya loyal. Karena cita rasanya tetap tidak berubah. Khas dan unik.

Konsumen vespa mungkin menyalahi pakem teori marketing yang ada. Harga mahal, tidak ada iklan, bentuk itu itu saja, performa juga begitu begitu saja tapi tetap saja menjadi buruan. Membeli vespa memang membeli eksklusivitas dan seni. Vespa bukan motor yang bisa diajak rebah di tikungan menikmati desiran adrenalin. Lebih cocok untuk jalan jalan santai, menikmati lingkungan sekitar, menikmati hidup. Desain vespa yang itu itu saja justru malah sebuah keuntungan. Selain menjadi sebuah ciri khas, desain ini abadi. Berbeda dengan motor jepang yang sudah terlihat jyadul acchhh setelah lima atau sepuluh tahun, vespa masih saja keren walaupun sudah berpuluh puluh tahun. Malah semakin tua semakin langka, semakin bernilai.

Seandainya saja vespa mau serius lagi memperluas pasar, menambah lagi dealer dan jaringan 3s nya bukan tidak mungkin bisa booming lagi seperti dulu. Mengingat penggemar vespa sangat fanatik dengan merek ini, lebih dari sekedar fans berat.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

14 Responses to Vespa, lebih dari sekedar soal uang, lebih dari sekedar alat transportasi

  1. ridertua says:

    Satu lagi kalau vespaku PX bro kalau dah lewat motor jepang pada minggir takut kegores.. dan anti maling πŸ™‚

    http://ridertua.wordpress.com/2010/12/10/test-ride-yamaha-new-jupiter-mx-2011-di-sirkuit-kenjeran/

  2. pokoke nyremped bison langsung tetanus

  3. andhi_125 says:

    kalo versi 4tak (LX 150) emang segitu bro, hargane…selangit :mrgreen:
    nyari yang 2tak aja, PX..kemaren, ada temen barusan beli, 15 jutaan kalo gak salah…
    brand new, gak pake seken..dah pake cakram depan..lampu depan bunder..
    bapakku juga kepingin, tapi duite ra ono, dodol PX 93 mung dinyang 2,5jt…nombok-e kakean πŸ™‚

  4. azizyhoree says:

    kemaren lihat MP3 piagio, di adisucipto, pengen wawancara malu… akhire tolah-toleh thok ngiler, bannya3 bisa miring kalau buat belok… πŸ™‚ waduuuh, hargane juga mahal…….

    Test ride New Jupiter MX at kenjeran Park Circuit, Surabaya

  5. ridertua says:

    bisa jalan vespanya kikikikiki.. kok diem dari kemaren πŸ˜†

  6. touringrider says:

    lebih mantab jika bro obie kopdar ke bro James Bons besok naik Vespa PX nya.. dijamin, geleng-geleng yang lain.wakakakakkk

  7. gardjoew says:

    kelakuane penggemar pespa nek lagi susah staterane, pespane dimiring2ne ambek diutik2 sitik…nek tetep gak kenek yo dibongkar, nek gak kenek maneh…dijarne sewengi..mene dibongkar maneh, … nek aku sih, gak segitunya kalee, hehehe…salut buat pa ra penggemar yang fanatik πŸ™‚

  8. asmarantaka says:

    jadi keinget dlu ane naik vespa di tabrak karisma…pecah tuh sepatbor bebek…vespa ane its ok…vespa emang gaya hidup…xixixiix :mrgreen:

  9. raiderobie says:

    Fiuuh… barusan KO saya saudara saudara… demam batuk pilek campur2 hehe
    @pak andhi: ditunggu info dealernya pak bro…
    @azyzyhoree: lek mahal mending mp4 sekalian mas bro… xixixi
    @touringrider: waduh, gak kuku mas numpak vespa..hehe… hbs ini tak ngabsen d warung e spyn
    @tegar: hahaha… lek mentok g kenek d rosokne ae…hihi
    @asmarantaka: hihihi..vespa dilawan…

  10. Pingback: Tahun Depan Vespa Bukan Lagi Mimpi untuk Orang Indonesia | fu125

Leave a comment