Sebenarnya bagaimana sih etika mengunakan klakson?

Bunyi klakson memang tidak bisa dipisahkan dari jalanan Indonesia. Ditengah jalanan yang ramai pasti ada bunyi klakson bersahut sahutan. Tapi kadang seringkali klakson ini digunakan dengan agak lebay. Belum apa apa sudah tat tet tat tet. Bikin kaget saja. Pas ditengok jaraknya juga masih jauh. Masih aman.

Ada apa sebenarnya dengan fitur standar di kendaraan bermotor ini. Apa kalau nggak mencet klakson seperti ada yang kurang gitu ya? Sebenarnya sah sah saja sih membunyikan klakson. Fitur ini diciptakan memang untuk dibunyikan, untuk memberikan peringatan ke pengendara lain.

Saya sendiri jarang menggunakan klakson. Terutama pas menghadapi ibu ibu yang posisi kendaraannya nanggung, entah mau belok atau tidak. Karena kalau diklakson si ibu biasanya bingung mau jadi nyebrang atau nggak. Kalau si ibu sendiri saja bingung apalagi saya yang dibelakangnya. Tambah bingung mau disalip dari kiri atau kanan. Jadi mending saya mengurangi kecepatan, tunggu sebentar, baru disalip.

Mungkin sebaiknya dalam mengunakan klakson nggak usah lebay kali ya? kalau memang darurat dan dirasa perlu silahkan dibunyinyikan. Namun kalau memang tidak ada sesuatu yang mendesak mending nggak usah. Kurangi saja kecepatan biar aman. Biar nggak bkin kaget orang lain.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in OOT. Bookmark the permalink.

14 Responses to Sebenarnya bagaimana sih etika mengunakan klakson?

  1. kangmase says:

    saya bahkan sampai diprotes istri gara2 gak pernah bunyiin klakson….

    http://kangmase.wordpress.com/2011/05/14/pyuhh-ternyata-premium-juga-kena-pbbkb/

  2. kebo220rr says:

    Pengalamanya sama kalo di ngadepin ibu2.. Banyakan posisinya nungging eh nanggung.. Mbingungi.!

  3. kang_ulid says:

    yg jelas klakson itu berguna untuk memberitahu keberadaan kita pada pengendara laen… tapi ane spakat jangan lebay dlam menggunakan klakson… gunakan seperlunya aja… tp jangan sampe klakson ga’ digunakan sama sekali… intinya GUNAKAN KLAKSON SECARA BIJAK!!!

  4. Joko says:

    Kalau mau kasih tahu keberadaan kita, lampu jauh sudah cukup. Klakson itu utk mengusir binatang, atau orang yg kelakuannya di jalan seperti …

  5. icaq's says:

    pengalaman pake king pas klakson mati….mlintir2 gas, hehehe (tp trus dibenerin tuh klakson)

  6. Andi Kusmara says:

    Klakson pada mobil di Indonesia harusnya dipasang bareng sama lampu rem ..!!
    kalo mau nyalip ? tinggal nyalain lampu sein.. kenapa tat tet tot terus ?? jalanan lagi padat
    di suruh minggir apa ga boleh pake jalan ?

  7. Orang goblog says:

    Membunyikan klakson mobil itu seharusnya sebagai isyarat adanya kondisi bahaya/darurat, bukan untuk memberi kode lain. Apalagi kalau berada dalam kawasan pemukiman, haram hukumnya membunyikan klakson mobil keras-keras, karena mengganggu tentangga sekitar.

    Kebanyakan orang-orang goblog dalam menggunakan klakson mobil justru adalah orang-orang kaya (karena mobilnya bagus dan mahal), membunyikan klakson keras-keras di depan rumah untuk minta PRT-nya bukain pintu pagar. Goblog banget … !!!, nggak mikir apa kalau dia punya tetangga. Mudah-mudahan golongan orang goblog ini dapat laknat yang setimpal …

  8. mumu says:

    betul betul betul.. adakah etika berklakson?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s