Walaupun Rondo / Bekas / Tuwir, masih jadi buruan – seharusnya bisa menjadi masukan untuk pabrikan?

Seperti telah banyak diulas, banyak sekali mobil / motor bekas yang masih menjadi incaran sampai sekarang. Bahkan saking hebatnya menjadi incaran seringkali harganya  pun nggak logis kalau nggak mau dikatakan mahal. Ada beberapa tipe dari berbagai merek yang bisa dijadikan contoh, namun kali ini akan diulas mobil dulu.

civic nova

estilo, si hatchback semok

Pertama generasi hatcback honda yang diwakili oleh Honda Civic Nova dan Honda Estilo. Dua tipe yang tidak memiliki buntut ini masih menjadi buruan. Honda Estilo bahkan tidak memiliki rentang harga yang jelas. Harga terserah yang jual. Dan bagi yang sudah kadung jatuh cinta mau nggak mau sepakat dengan harga tersebut.

walaupun bentuk masih mengotak, harga rondonya lumayan tinggi

adik starlet kotak

Berikutnya dari keluarga Toyota, Starlet bisa dijadikan contoh. Baik starlet kotak maupun bakpao masih juga menjadi incaran sampai sekarang. Pasaran starlet bekas ini seringkali juga nggak logis. Walaupun tahun sudah lumayan uzur, terutama starlet kotak, tidak menyurutkan minat calon pembeli untuk meminang tipe ini.

nggak hanya rondo versi aslinya, bahkan replika nya pun diburu

Selanjutnya bisa diambil contoh dari tipe yang lain dari pabrikan suzuki, yaitu suzuki jimny dan katana. Tipe yang satu ini melenggang sendirian sebagai jip ramping dan gesit. Untuk tipe tertentu semacam sierra juga tidak memiliki pasaran yang jelas. Terserah yang jual harganya.

Beberapa contoh tipe diatas memliki harga yang menurut saya tidak logis apabila dibandingkan dengan tahun pembuatannya. Bahkan kadang setara dengan beberapa tipe lain dengan tahun pembuatan yang jauh lebih muda. Kenapa hal itu bisa terjadi? Mari kita coba bahas alasannya.

Tipe tipe diatas memiliki satu kesamaan, yaitu desain yang tak lekang dimakan jaman. Walaupun sudah tuwir masih pantes dipakai kota kota. Nggak minder pas diparkir di mall. Dan ini juga menjadi petunjuk bahwa desain hatchback masih diminati. Sayangnya hatchback sedan pelan pelan diganti dengan city car oleh pabrikan – pabrikan. Menurut saya sedan yang tidak memiliki buntut alias hatchback tetap saja berbeda dengan city car / small mpv. Khusus untuk jimny / katana malah sekarang punah. Walaupun ada jimny terbaru kelihatannya tidak ada niatan untuk memboyongnya ke tanah air.

Kesamaan kedua dari tipe tipe diatas adalah efisiensi dan kemudahan suku cadang. Banyak tipe tipe yang lain walaupun jauh lebih keren dan memiliki segudang kelebihan akan fitur tetap saja kalah popularitasnya dikarenakan pertimbangan efisiensi dan suku cadang. Karena hal ini pula harga starlet kotak mungkin menyamai harga mobil second buatan jerman walaupun lebih muda, dan tentunya dilihat penampakannya jauh lebih keren.

Terakhir, berkaca dari fenomena ini mungkin ada beberapa hal yang bisa menjadi masukan pabrikan.Buat produk dengan desain yang awet. Tidak ada salahnya menghidupkan lagi sedan hatchback dan jip. Selanjutnya tentu efisien bbm nya dan suku cadang yang murah dan mudah didapatkan. Apalagi yang kurang dari mobil keren yang irit, dan suku cadangnya murah? Dan kalau ada produk dengan kriteria ini lahir, siap siap saja menyambut legenda mobil bekas selanjutnya.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

15 Responses to Walaupun Rondo / Bekas / Tuwir, masih jadi buruan – seharusnya bisa menjadi masukan untuk pabrikan?

  1. ocecoco says:

    honda estilo harganya bener2 gak masuk akal. Ini mobil udah kaya tanah makin lama harganya makin naik

  2. aditninjamaniac says:

    favoritku civic nova dan honda estilo..mahasiswa bgt deh😀

    nitip kios mas bro..
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/03/26/makan-yuuu-menu-mantap-harga-murmer-bikers-bgt-deh/

  3. dnugros says:

    daihatsu charade cx turbo ga masuk golongan ya? padahal itu hatcback yang pernah nggulung penjualan starlet bakpao lho🙂.

  4. gaplek mania says:

    aku bener2 suka estillo .
    pernah jadi lawan takumi fujiwara tuh.di kartun initial d yg nama lainnya EG6

  5. gaplek mania says:

    tapi harganya itu lo.bener2 ediyannn

  6. Maskur says:

    pengin…tapi mahal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s