Minta Saran, Bagaimana cara “menyimpan” motor yang dalam jangka waktu lama nggak dipakai

Sejak adanya byson abu abu di garasi rumah saya, si raider jadi jarang saya pakai. Karena rute yang saya tempuh lumayan jauh, yang tidak cocok memakai si raider. Terakhir saya pakai kira kira hampir 2 bulan yang lalu. Nah, gimana ya cara menyimpan motor yang kira kira lama nggak dipakai?

Dulu teman kos saya punya trik. Kalau pas mau mudik lebaran yang agak lama, tangki diisi penuh, katanya biar nggak karatan. Katanya tangki jangan setengah setengah, kalau nggak penuh ya kosong sekalian. Bener nggak cara ini?

Sementara yang saya lakukan untuk si raider hanya dicuci bersih. Bensin masih ada di tangki kira kira seperempat. Dan sekarang karena nggak pernah dipakai bannya kempes.

Mungkin bro semua punya pengalaman atau trik menjaga motor tetap awet walaupun nggak dipakai dalam waktu lama?

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in OOT. Bookmark the permalink.

25 Responses to Minta Saran, Bagaimana cara “menyimpan” motor yang dalam jangka waktu lama nggak dipakai

  1. 1. betul saran temen, tangki mending kosongin sekalia
    2. sebaiknya pakai standard tengah,
    3. ban kosongin ga papa..
    4. siapin selimut alias dikerudungin
    apa neh ya…?

  2. arief says:

    Di petunjuk manual honda ada tata cara jika motor tak dipakai lama.
    1. Ganti oli mesin.
    2. Keluarkan bensin sampai habis pakai pipa penyedot
    3. Semprot bagian dalam tangki pakai aerosol rust-inhibiting oil (oli pencegah karat), lalu tutup tangki kembali
    4. Lepaskan topi busi dari busi, lalu jauhkan pada part plastik lain menjauhi busi.
    5.lepaskan busi, jangan disambung ke topi busi.
    6.tuang sesendok makan oli mesin ke silinder dan tutup lubang busi dengan kain.
    7. Putar mesin beberapa kali untuk menyebarkan oli
    8. pasang kembali busi dan topi busi.
    9.lepas baterai dan simpan terlindung matahari dan suhu membeku.
    10. Cuci dan keringkan motor
    11.pompa ban dan standar tengah.
    12.tutup skuter (jangan pakai plastik), bebas kelembaban.
    Jika akan dipakai motor:
    1. Ganti oli jika telah mencapai 4 bulan disimpan
    2. Isi baterai
    3.keluarkan oli dari tangki bensin dan isi bensin baru
    4. uji motor di kecepatan rendah, setelah aman, bisa dipakai seperti biasa,.

  3. moko says:

    dititipin ke saya😆

  4. Pertama2 kita punya kesamaan, sama2 punya 2 motor bedanya kalau saya yg satunya SATRIA FU150 2010, tuk kasus jg hampir mirip.
    kalau strategi saya sih.
    1. Bensin kuras habis, kalau bisa disemprot pakai kompresor biar tuntas.
    2. Oli Mesin juga harus diperlakukan sama seperti bensin.
    3. Cuci bersih lalu keringkan samapai benar2 kering, ngeri karatan bro.
    4. dan terakhir saya selimutin, takut kedinginan motornya he3x…

  5. asmarantaka says:

    bensin di full tank in aja…
    trus kalo bisa kedua ban ngk napak lemah..alias distandart tengah ama diganjel (baiknya depan belakang di kasih standart paddock)
    copot accunya..biar listrik ngk kesedot
    tutupin dah tuh motor biar ngk kena debu

  6. raiderobie says:

    @arif: waah. lengkap sekali.. tengkyu sanget bro.. oli sudah saya ganti juga pas servis
    @moko:xixixi, sewa per jam bro..
    @universalbyson: yang satunya byson juga bro? wah.. sama ya?hehe

  7. andhi_125 says:

    kan bisa dilempit bro…maksute dilipat, trus dimasukkan dompet (terjemahan : dijual:mrgreen: )
    kalo dulu pas supraX saia nganggur, idem, kuras bensin, kuras oli, lepas aki, cuci dan keringkan sampe keringkerontang, trus ditutupin pake cover ato apaan asal bukan kain kafan:mrgreen:
    kalo opsi paling atas, itu paling praktis:mrgreen:

  8. hourex150l says:

    waaa,, kalo saya ya tak kosongin semua , tanki ,bak mesin, ban, aki dilepas ttrus di selimutin yang raapat..

  9. aiefz says:

    Pke cara ini aja om
    1.isi dulu full tank
    2.oli ganti baru
    3.isi angin
    4.cuci bersih
    5.mampir rumah ane
    6.simpen aja disitu
    7.kalau mau diambil lagi gampang,ambil aja langsung:mrgreen:

  10. paling gampang sih titip ke orang aja minta dipanasin tiap hari hehe

  11. blognyamitra says:

    Dikirim ke rumah saya aja, dengan senang hati koq😀
    Oh ya, kalo disimpan jangka waktu yang lama sebaiknya pake standar tengah, jangan standar samping. Trus ban jangan langsung nempel ke lantai/ubin karena karet ban jadi getas, sebaiknya dialasin pake kertas koran – cmiiw…

  12. yang jelas ditutupin selimut mas biar ga debu😀

  13. Majid says:

    Punyaku cuma tak selimuti, trus bensin penuh, ban depan tak ganjal balok kayu, standar tengah, tak cuci, oli belum tak ganti, soalnya msh 500km,,,
    Kira2 msh kurang ga ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s