Kalau Jadi Terealisasi, Mampukah Mobil Murah Mencuri Pasar Roda Dua?

Mungkin sudah banyak yang tahu, untuk mendongkrak industri otomotif di Indonesia pemerintah menawarkan kepada para produsen otomotif untuk membuat mobil murah. Ada beberapa syarat utama untuk mobil murah ini, yaitu harga di bawah 100jt rupiah dan konsumsi bbm sekitar 20km/lt.

kalo ini masuk sini, jadi saingan berat panda geely y?

Sampai sekarang belum ada produsen yang secara resmi menyatakan akan memproduksi mobil dengan kriteria tersebut. Melainkan hanya sebatas desas desus. Nah, yang menarik untuk diprediksi adalah, apabila mobil murah ini benar benar terealisasi akankah mampu mencuri pasar roda dua?

Selama ini segment kendaraan roda empat dan dua memiliki gap yang lumayan jelas dan tidak saling memakan satu sama lain. Penyebab utamanya jelas karena harga yang jauh berbeda. Penyebab lain karena biaya untuk memelihara mobil tidaklah sedikit. Jadi mungkin saja ada keluarga yang memiliki beberapa motor yang notebene sudah seharga mobil. Keluarga ini lebih memilih motor karena lebih efisien. Karena biaya perawatan dan konsumsi BBM juga menjadi pertimbangan.

Dengan adanya mobil murah bisa jadi konsumen kendaraan roda dua mulai melirik bahkan berpindah ke roda empat. Karena mobil murah ini selain harganya murah juga didesain perawatan dan konsumsi bbmnya juga efisien. Dengan konsumsi BBM 20km/lt biaya operasional sehari hari pun terjangkau. Bahkan konsumsi BBM ini mungkin sama saja dengan beberapa tipe kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat juga memiliki kelebihan dari segi keamanan dan kenyamanan.

Ada beberapa desas desus tentang calon mobil murah ini. Salah satunya dari suzuki. Dan contoh nyatanya bisa ditengok di India. Suzuki Maruti India memiliki beberapa tipe dengan harga miring, antara lain alto (tentang alto bisa di klik di sini ) dan a-star . Tipe tipe ini dibekali dengan mesin 3 silinder yang irit BBM. Mesin ini juga sudah digunakan di sini yaitu untuk karimun estilo terbaru.

Semoga saja mobil mobil murah ini benar benar terealisasi, dan kita lihat saja nanti apa yang terjadi, hehe.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in OOT. Bookmark the permalink.

17 Responses to Kalau Jadi Terealisasi, Mampukah Mobil Murah Mencuri Pasar Roda Dua?

  1. Darmawan says:

    bagi orang indonesia masih mahal, kecuali harga mobil di bawah 50 juta kualitas setara 150 juta😯 hmm ada nggak ya hehhe

  2. dibawah 100 jt tetep mahal mending roda dua atau mobil second aja…

    * mobil second yo rung ketuku je..

  3. blognyamitra says:

    Suzuki Alto sekelas ama Karimun Estilo, kayaknya gak bakalan masuk kesini…

  4. asmarantaka says:

    hrga segitu masih muahalll:mrgreen:

  5. kodokijo says:

    Hahaha… gak bakal ada deh yg namanya mobil murah, kalo mobil murahan mungkin ada😀 Kenapa? Lha, lihat aje harga2 mobil yg makin lama makin menjulang, tiap keluar produk baru baik itu berupa facelift atau all new edition pasti harganya naik. Cari untung di Indonesia emang paling enak, karena biarpun harganya naik melulu tetep aje pada beli melulu. Produsen mobil di sini mana mau ambil untung sedikit.
    Kita gak bisa membandingkan kondisi di India dgn di sini, sebab kebijakan pemerintah sono kan jelas beda ama sini, jadi harga di India sono gak bisa dijadikan patokan utk harga di sini, sebagai contoh New Chevy Spark di India dilego sekitar 70jtan, tapi ketika masuk ke sini harganya hampir 140jt, hampir 2x lipat.
    Ini bagaikan mimpi yg gak bakal pernah jadi kenyataan, gak bakal ada yg namanya mobil murah, karena masing2 produsen kelas kakap baik itu mobil maupun motor (TST aje deh) punya kepenting bisnis sendiri2, tau sendiri deh maksudnya, gak usah dijelasin (kebangetan kalo gak tau)😀

  6. dibawah 50 juta tak inden,,,,bisane mung inden, inden metune tok, mbuh tuku po ora

  7. Tulus_Budi says:

    mau mobil murah?… hmmm tinggal nunggu anaknya SBY bikin mobil nasional mirip kasus Tommy dgn timor-nya dan bambang dgn bimantaranya… terlepas dari apapun kelakuan mereka tetep konsumen yg diuntungkan…

  8. kang_ulid says:

    alasan klasiknya adl pajak dsni mahal, dtipu ‘gayus’ mau! Dasar pmerintah kta edan/gila. Mobnas n motnas sekedar wacana, te2p dmahalin. Mobil esemka, buatan nak negri yg rencanana akn djual dbwh 100jt, e ga tauna 170jt! Dasar gila (termasuk xg nulis, he he)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s