Kiat Pengusaha Angkutan Umum Pedesaan Menghadapi Serbuan Motor Jepang

Booming sepeda motor beberapa tahun terakhir berimbas ke sarana transportasi yang lain. Pelan pelan angkutan umum mulai ditinggalkan dan masyarakat beralih ke sepeda motor. Banyak alasan kenapa hal ini terjadi. Pertama yaitu masalah efisiensi. Sepeda motor lebih murah ongkosnya dari pada naik angkutan umum. Apalagi bila rute yang dituju mengharuskan ganti jurusan angkutan. Selain efisiensi biaya juga efisiensi waktu. Jadwal angkutan umum yang tidak tentu, juga waktu ngetem yang lumayan lama untuk menunggu penumpang membuat penumpang tidak betah. Dengan sepeda motor bisa berangkat kapan saja dan tidak perlu menunggu. Selanjutnya yaitu disebabkan proses memiliki sepeda motor sangat mudah. Uang muka dan cicilan ringan. Misal cicilan 360 ribu sekian, kalau di itung itung perhari nggak jauh beda dengan biaya kalau naik angkutan umum, namun dengan kredit motor maka uang tidak hilang karena masih tersisa sepeda motornya yang bisa dijual sewaktu waktu. Saking mudahnya memiliki motor, sekarang motor bukan lagi barang mewah. Saya masih inget dulu, kalau ada yang beli motor pasti se rt heboh, karena ada barang baru. Sekarang sudah tidak demikian lagi. Nggak beda sama beli kacang goreng. Di channel NHK World, saluran tv jepang berbahasa inggris, saya masih ingat saat liputan di indonesia, reporternya mengatakan “motorcycle is the first thing that indonesian people bought when they have money”. Nggak heran populasi motor pun meningkat.

hampir punah..

Lantas kalau semua naik motor bagaimana dengan nasib angkutan umum? Entah di daerah lain, tapi kalau di daerah saya lumayan memprihatinkan bro. Bahkan beberapa terongok di besi tua. Kalau melintas di depan besi tua tersebut saya jadi inget jaman smp dan awal awal sma dulu. Isuzu bison yang kini tak berdaya di besi tua itu dulu sering saya naiki. Dulu tarifnya masih 300 rupiah. Ketika menarik ongkos kernetnya berteriak “arisan – arisan”. Gak lama tangan si kernet penuh dengan uang receh. Saya juga inget teman teman menilap ongkos dengan mengganti koin 100 an dengan 50 an, hehe. Sekarang mungkin sudah beda. Anak smp pun pakai motor ke sekolah. Bagaimana dengan nasib yang masih beroperasi? tak kalah memprihatinkan. Armadanya sudah tua tua. Ibaratnya ngesot di jalanan. Itupun seringkali isinya bukan penumpang, tapi karung karung berisi dagangan pedagang. Padahal dulu saya masih sering liat angkutan umum yang kinyis kinyis. Kami sering berebut naik karena baunya masih fresh tidak terkontaminasi bau2 aneh seperti angkutan yang lama. Larinya juga kencang, nggak ngesot seperti sekarang.

nggak ada lagi yang kinyis2...

Dulu juragan angkutan berjaya. Yang skala besar bahkan punya beberapa puluh armada. Sekarang rontok sedikit demi sedikit. Namun, sebagian yang beroperasi mencoba bertahan. Salah satunya seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Yaitu dengan mengangkut apa saja. Yang penting jalan. Selain itu dengan memberikan layanan ekstra ke penumpang. Tidak jarang angkutan umum mengantarkan penumpang sampai di depan rumah walaupun harus masuk gang gang. Semacam travel lah kalau jaman sekarang. Teknologi komunikasi pun dimanfaatkan. Penumpang langganan bisa sms dulu jam kapan angkutannya lewat. Jadi tidak perlu menunggu lama.

Untuk angkutan umum yang jaraknya lumayan jauh, biasanya disiasati dengan 1x PP. Biasanya juga sudah memiliki langganan. Jadi berangkat kalau si penumpang datang. Penumpang bisa sms dulu, jadi nggak ditinggal. Kiat ini biasa dilakukan kalau di daerah saya untuk angkutan yang menuju pelosok.

Apakah kiat tersebut berhasil? entahlah. Yang jelas semakin sedikit saja angkutan umum yang berkeliaran di jalan jalan. Saya tidak berani menghitung berapa pendapatan pemilik angkutan, apalagi krunya. Belum lagi ongkos solar, oli, ban, spare part, dan lain lain.

Semoga suatu saat kondisi membaik. Entah bagaimana, mengatur lagi trayeknya mungkin. Karena banyak yang menggantungkan hidup dari berputar dan tidaknya roda roda angkutan umum ini.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

29 Responses to Kiat Pengusaha Angkutan Umum Pedesaan Menghadapi Serbuan Motor Jepang

  1. varioputiih says:

    coba angkutannya berAC+no copet :p

  2. Maskur says:

    di desaku udah punah

  3. bahkan tdnya digantikan otek, sekarang ojekpun teriak, krn hampir tiap keluarga dah punya motor

  4. sobek2 says:

    di kota kelahiran saya masih ada kisanak..
    Walopun ga serame dulu, tapi sekarang tarifnya mahal dan ngetemnya agak lama

  5. Basho says:

    Angkot makin ditinggalkan, kasian ngeliatnya. Setelah sekian lama, kemaren saya kepaksa naek angkot (motor lagi dipinjam adik). Dari rumah sampe ke tempat tujuan, sekitar 7km, penumpangnya cuma saya seorang. Dan seperti biasa,kalo sepi penumpang, sopir angkot nyetirnya cenderung ugal2an (mungkin depresi). Duuuh….angkot, nasibmu kini😦

  6. aditninjamaniac says:

    kalo di kampusku mobil2 gini jadi angkot gratis mas bro..ntar supirnya dapet gaji langsung dari pihak universitas..masih mulus2 loh mobilnya..kenceng pula😀

    nitip mas
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/13/mengenang-masa-lalu-dengan-si-ijo-part-2/

  7. Bonsai Biker says:

    weeeeeeeeee
    artikele amngstabf, analisa bagus
    dikampungku banyak gulung tikar, bahkan diseluruh negeri dalam kasus yang sama

  8. hourex150l says:

    waaa,, jdi inget masa smp naik angkot lebih seneng pada bis,, apalagi pas berangkatnya yang naik banyak ceweknya… Uuuuiiiiiii adem rasanya,…
    Oiaa, waktu itu utk pelajar masih Rp. 100 saja jauh-dekat….
    Nostalgia doeloe ahhh…

    PISS…

  9. sobek2 says:

    bwetul itu ingat masa2 smp… Hehehe
    kalo di tempat saya masih bertahan krn jadi andalan anak2 sekolah, smp, sma, man, mts, stm,smea yg rumahnya jauh di kecamatan2 pada sekolah di kota kabupaten.. Krn tidak semua bawa motor khususnya anak smp dan mts, smpk karena kalo seragam pake celana pendek naik motor langsung tilang dan dilaporkan ke sekolahnya *kerjasama polisi dan sekolah* patut di contoh tuh, walopun bnyk di akali pakai training dan jacket, motor titip di rumah teman ato warung deket sekolah… Hehehe
    kembali ke masalah angkot…
    Sedihnya diluar jam berangkat sekolah dan pulang sekolah beberapa armada angkot mangkal di terminal aja, gak narik pasang papan tulisan: carter

  10. asmarantaka says:

    hmm…masih ada sih penumpangya…yah anak2 SMP/SMA yg ngk pnya duit buat beli motor..dan cewek2 aduhai yg ngk punya yayank yg mau njemput..xixiix..ato mbah2 yg takut naik motor..hmm..banyak lah…masih fungsi kok di jaman sekarang ini:mrgreen:

  11. blognyamitra says:

    Selama biaya transportasi kendaraan pribadi lebih murah dibandingkan dengan transportasi umum, dijamin orang akan enggan berpindah ke angkutan umum…

  12. gaplek mania says:

    nqsib yg sm dikampungku wonogiri.kalau dulu.angkudes narik dari jam 4-30 sampai jam 6 sore.sekarang.jam 1 siang seusai bubaran sekolah.mobil2 ngandang semua.aku sampe heran.siang2 maen kepasar naik motor.ternyata udah sepi banget.gak satupun angkudes ngetem.padahal dulu kalo lebaran atau hari pasaran pasti penuh mobilnya sampai gelantungan dipintu(hobiku dulu.isis)
    kini walaupun lebaran yg hari besarpun.sepi.istilahnya ngglondang.angkudes yg tadinya bisa mainin tarif mumpung lebaran.sekarang gak bisa.karena giant killer(speda motor)
    padahal fasilitas angkudes lengkap lo.bodi kinyis2 full audio video(walaupun pake tv 14inch)

  13. Darmawan says:

    lho siapa bilang punah, di Madura untuk angkutan 95% L300 Diesel masih merajai, kemudian disusul Suzuki Carry extra terakhir Isuzu Elf, serbuan motor jepang di madura nggak ngefek mas, motor ya motor, angkutan ya angkutan, ini sisi uniknya madura:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s