Honda Zoomer, Matic yang Cocok Untuk Jalan dan Lalu Lintas Indonesia

Sudah tahu dan merasakan sendiri kan gimana kondisi jalan dan lalu lintas di Indonesia? Jalan banyak lubangnya yang siap menerkam. Lalu lintas juga padat kendaraan yang sewaktu waktu bisa senggol senggolan apalagi di kota besar. Nah, matic yang satu ini kayaknya cocok dengan situasi tersebut.

Dipasarkan di Jepang, Amerika, dan Kanada, mulai 2002, matic produksi honda ini dikenal dengan zoomer atau ruckus. Berbeda dengan matic lain yang kalem, matic yang satu ini tampil sangar, namun sip dan cocok kalau dipakai disini.

Ban profil tebal aman dari lubang. Pengalaman dulu ban skywave saya langsung kempes setelah “kecemplung” lubang. Kecemplung lo ya, bukan kejeblos, saking dalamnya lubang. Selanjutnya nggak perlu takut lecet sliat sliut di kemacetan. Lawong nggak ada cover body penutupnya. Dari sononya tampil telanjang menunjukkan sasisnya. Cocok juga dengan selera orang sini yang seneng menelanjangi motor. Menambah klop lagi sama situasi di sini yaitu setang nya. Mirip2 setang motor sport yang meninggi telanjang, nggak capek dipakai riding jauh.

Mungkin yang perlu ditambah kalau diproduksi di sini kayaknya kapasitas mesinnya. Kapasitas mesin ber PGMFI ini cuma 49 cc yang bisa menghasilkan power 4,9hp. Agak kurang cocok dengan penggemar matic di Indonesia yang seneng matic kencang.

Kalau dibawa kesini varian matic Honda bisa tambah lengkap. Retro ada, high tech ada, premium ada, low segment ada, lengkap. Matic yang satu ini bisa menciptakan segmen baru.

Berikut spec lengkapnya

Manufacturer Honda
Also called Ruckus
Production 2002-
Class scooter
Engine 49 cc liquid-cooled single-cylinder four-stroke
Top speed 60 km/h (37 mph) (2003–2005)
Power 3.65 kW (4.9 hp) @ 8000 rpm
Torque 4.5 N·m (3.3 lb·ft) @ 7200 rpm
Transmission Automatic
Suspension Front – telescopic forks , Rear – telescopic damper and spring
Brakes Front and rear drum
Tires Front – 120/90 R10, Rear – 130/90 R10
Wheelbase 1,265 mm (49.8 in)
Weight 82 kg (180 lb) (dry)
Fuel capacity 5 L (1.1 imp gal; 1.3 US gal)

sumber: wikipedia

Manufacturer Honda
Also called Ruckus
Production 2002-
Class scooter
Engine 49 cc liquid-cooled single-cylinder four-stroke
Top speed 60 km/h (37 mph) (2003–2005)
Power 3.65 kW (4.9 hp) @ 8000 rpm
Torque 4.5 N·m (3.3 lb·ft) @ 7200 rpm
Transmission Automatic
Suspension Front – telescopic forks , Rear – telescopic damper and spring
Brakes Front and rear drum
Tires Front – 120/90 R10, Rear – 130/90 R10
Wheelbase 1,265 mm (49.8 in)
Weight 82 kg (180 lb) (dry)
Fuel capacity 5 L (1.1 imp gal; 1.3 US gal)

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in Motor di Negara Lain. Bookmark the permalink.

24 Responses to Honda Zoomer, Matic yang Cocok Untuk Jalan dan Lalu Lintas Indonesia

  1. andhi_125 says:

    mirip kayak adly kalo dipreteli..pake pertamax lo.. :mrgreen:
    kalo orang kita kayaknya gak dilirik deh..

  2. asmarantaka says:

    mesinnya hampir mirip Honda Beat..cuma cc nya kecilan ini…hmm..bikin sendiiri aja dari honda matic:mrgreen:

    • raiderobie says:

      iya.. saya juga kepikiran gitu pak bro.. bisa jadi inspirasi modif juga.. tp masalahnya sasis matic sini kan melingkar dari bawah ke atas tuh.. beda sama yang diatas

  3. tafridefraaz says:

    Ruckus yang tidak rakus (cc kcl=irit:mrgreen: )

  4. blognyamitra says:

    Gak ada bagasinya hehehe…

  5. pakbambangnunggangjaran says:

    apik apik apik

  6. dturtle says:

    skydrive dibikin kaya gini bagus tak ya? cuma takut kalo akhir bulan jadi bahan incaran om poli,,,

  7. mark_ink says:

    ” varian matic Honda makin lengkap aja”…keren juga motornya..unik!! asik kyknya kl bwt jalan-jalan santai!! like this!!

  8. touringrider says:

    Di Indonesia kayaknya sudah menjamur tuh di daerah Bandung.. coba cek majalah moto bike.. lupa edisi berpa, soale majalah motobike-ku numpuk akeh.. *males mbolak-mbalik maneh.

  9. nyoman eddy says:

    saya pake Suzuki Raider jg..tp tetap ngiler sama si Zoomer, sampe hunting ke dealer utama Honda di Surabaya..lha kok salesnya malah kebingungan waktu saya tanya Honda Zoomer..he he..

  10. raiderobie says:

    hehe, klo di dealer honda biasa y bingung mas bro.. tanyanya ke importir umum…

  11. Nisfoo says:

    wah kayaknya free-ex dari Kymco bisa juga dimodif jadi ruckus nih he.he.he…..

  12. ioioio says:

    kisaran berapa tuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s