Lawong Cabai Saja Impor Apalagi Motor?

Baca dikoran surya hari ini saya nemu sesuatu yang unik. Sudah tahu kan masalah harga cabai yang menggila? harga bahkan sampai 100rb rupiah. Nah salah satu penyebab kenaikan harga adalah kelangkaan stok. Untuk mengatasinya keran impor cabai dibuka. Sekarang setelah terlebih dahulu masuk jakarta, cabai impor juga akan masuk pasar di jatim.

Bro semua tahu dari mana cabai tersebut di impor? Tidak lain dan tidak bukan tentu dari Cina, dan satu lagi dari Thailand. Ternyata kita tidak hanya impor mesin Dohc saja dari thailand, tapi juga cabai. Saya penasaran, cabai cina kw berapa ya yang masuk sini? hhehe.. semoga cabainya awet nggak kayak barang cina lainnya.

Sebenernya ironis ya. Sebagian besar penduduk kita adalah petani. Seharusnya kita adalah negara agraris yang hebat. Wajarlah kalau mesin mesin teknologi tinggi kita impor, mengingat memang masalah teknologi agak tertinggal, tapi kalau cabai juga impor alangkah malangnya kondisi kita. Harga cabai impor memang menggiurkan. Sampai sini 35rb saja. Bayangkan disana kulakan nya berapa.

Cabai di sini langka dikarenakan faktor cuaca. Saya sendiri melihat langsung. Sewaktu jadi wartawan kemaren saya pernah meliput blusukan ke desa mencari petani cabai. Akhirnya ketemu di suatu daerah banyak tanaman cabai mati di kanan dan kiri jalan. Setelah mewancarai beberapa penduduk diketahui bahwa tanaman tersebut sengaja dibabat sama pemiliknya karena rusak akibat terlalu banyak air. Kasihan sebetulnya petani kita. Sangat tergantung sekali dengan cuaca. Sedangkan cuaca sekarang angin anginan. Gak tentu. Semoga alam ini segera kembali ramah dengan bumi indonesia. Biar petaninya makmur nggak dimasuki produk impor.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

16 Responses to Lawong Cabai Saja Impor Apalagi Motor?

  1. aditninjamaniac says:

    pertamax plus dulu

  2. aditninjamaniac says:

    pertamax biru deh

  3. aditninjamaniac says:

    premium

  4. aditninjamaniac says:

    baru deh komen..😀

    sebenernya di negeri kita itu petani memang banyak mas..tapi kebanyakan petani mengikuti budaya turun temurun di daerah masing2 sehingga komoditas yg ditanam itu2 aja..lalu petani negeri kita ini juga kadang2 sulit diberitahu tentang keadaan di pasar. Lha mau gimanapun juga mereka tetep aja kesulitan biaya..terutama biaya untuk perawatan dimana selalu ada hama+penyakit yg menyerang..

    aduh jadi cerita kaya di kampus..😀

    nitip kios mas
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/26/modifikasi-ringan-si-meong/

  5. vixionr15 says:

    Sayngnya banyak pedagang yg nakal, cabe impor dijual setara dengan harga cabe lokal.

    Orang indonesia emang pinter-pinter dan kreatif xixixi:mrgreen: cmiiw

  6. Bonsai Biker says:

    aku sebagai petani mengakui begitu gan, cabai kalo banyak hujan lodoh istilah kami begitu, atau mati pelan-pelan, karen bagaimanapun juga kemarau membawa berkah bagi petani cabe

  7. cabe cina, aseli pa klonengan ya ?

  8. gardjoew says:

    TRITURAP:
    1. Turunkan Harga Cabai!
    2. Bubarkan PSSI dan Ormas-Ormasnya!
    3. Perombakan Muka Gayus (Biar gak bisa nyamar lagi!)

  9. raiderobie says:

    @aditninjamaniac: diborong semua..hehe..iya, kalau panen besar harga malah jatuh, kalau gagal panen harga naik, tp tetep sama sama nggak untungnya
    @vixionr15: aji mumpung…. hehe
    @sevi: monggo monggo
    @triyantobanyumasan: klonengan ini mungkin pak bro.. hehe
    @tegar: xixixi, gayus di face off malah dadi penyamaran

  10. isnuansa says:

    Nggak perlu heran Mas, kalau cabai impor. Mau saya kasih tau fakta yang lebih menyedihkan?

    Dari SD kita diajarin: Indonesia adalah negara kepulauan, dengan 70 persen wilayahnya adalah laut.

    Dan konsumsi GARAM di Indonesia, 65 persennya (CMIIW) impor! Itu laut buat apa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s