Bahayanya Helm Sempit

Ini repotnya kalau segala sesuatu dibuat untuk umum ya bro. Kadang tidak sesuai dengan ukuran masing masing individu. Pasti setiap manusia beda beda kan. Secara setiap individu di dunia ini unik. Bahkan mata kanan dan kiri aja tidak sama persis ukurannya. Nah, demikian juga kepala. Pasti ukuran dan bentuk berbeda beda. Ada yang njenong bagian tertentu. Ada yang agak lebay bagian tertentu (seperti saya) hehe. Tulang pipi saya agak menonjol, dan pipi saya agak tembem. Pakai helm sempit di bagian ini.

Apalagi kalau helmnya masih baru. Seperti punya saya ini. KYT RC seven ukuran L. Sesak di bagian yang saya sebutkan tadi. Seperti ditekan. Efeknya pun lumayan. Kalau untuk jarak pendek saja mungkin tidak masalah. Namun untuk jarak jauh fiuh, bikin repot. Gejala awal yang ditembulkan helm sesak adalah berkeringat. Agak lama kepala sedikit pening. Agak lama lagi keluar keringat dingin. Seperti gejala orang masuk angin.

Awalnya saya nggak paham. Kenapa kok tiba tiba pusing. Akhirnya setelah mengetahui penyebabnya, saya pun melancarkan trik. Resiko pening bisa dihilangkan dengan cara sering mengistirahatkan kepala. Helm dilepas, ngadem sejenak. Jadi untuk perjalanan jauh saya sengaja tidak mengisi terlalu banyak bbm. Biar bisa berhenti istirahat di pom bensin. Karena saya kawatir resiko keamanan bila berhenti di sembarang tempat. Setelah kepala terkena angin sejenak, keringat kering, perjalanan dilanjutkan.

Biasanya sih, berdasarkan pengalaman, bentuk busa lama lama menyesuaikan. Tapi memang butuh waktu agak lama.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in OOT. Bookmark the permalink.

13 Responses to Bahayanya Helm Sempit

  1. Maskur says:

    bener…aku pake helm ukuran L tenrnyta kesempitan..harusnya XL
    make baru 30 km udah pusing….terpakas turun..itu bagian atas (namanya apa) digeser ke depan sedikit…baru ilang pusingnya

  2. Darmawan says:

    wah apa bisa di kembalikan ke tokonya? padahal dah terlanjur dibeli

  3. raiderobie says:

    @maskur : waah.. sama berarti pak, kalau saya yang samping.. bingung ini mau diapain…
    @darmawan: boleh aja pak dibalikin ke tokonya… tp uangnnya nggak dibalikin… hehehe..

  4. asmarantaka says:

    kudu diukur dlu sebelum beli..hehhehehehe:mrgreen:

  5. blognyamitra says:

    Helm sempit emang gak enak, biqin kepala pusing. Kalo masih baru, mungkin masih bisa ditukar dengan yang ukuran XL.

  6. blognyamitra says:

    Oh ya, ada yang ketinggalan, saya pernah ngulas tips membeli helm dengan cara mengukur panjang lingkar kepala

    http://blognyamitra.wordpress.com/2010/03/25/ukur-panjang-lingkar-kepala-untuk-memilih-ukuran-helm-yang-sesuai/

  7. gitz says:

    kalo daleman helm ukuran bisa d masukin k helm ukuran L gag?

  8. gitz says:

    ukuran XL d msukin k ukuran L mksd nya. .hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s