Bener atau nggak motor nggak kena pajak progresif?

Setelah banyak yang memperdebatkan masalah ini, akhirnya jadi kepikiran juga. Apalagi keluarga saya memang memiliki beberapa kendaraan roda 4. Awalnya sih cuek. Namun setelah dihitung hitung kok pajaknya jadi mengerikan, mau nggak mau penasaran juga bertanya ke samsat.

Hari ini saya sengaja nitip pertanyaan ke ibu saya ke samsat. Bagaimana sebenarnya pajak progresif diberlakukan. Apakah untuk kendaraan semua tahun? trus bagaimana menghitung urutannya, apakah motor dan mobil dianggap sama dalam urutan? nah, pertanyaan pertanyaan tersebut sedikit terjawab. Berdasarkan informasi yang diperoleh ibu saya, pajak progresif diberlakukan untuk kendaraan tidak terbatas keluaran tahun tertentu. Na, jawaban berikutnya malah membuat saya pingin bertanya lagi. Katanya untuk sepeda motor kok nggak kena ya?

Sebenarnya ada mobil yang sudah dijual. Namun masih atas nama ibu saya. Dan apesnya, kalau tidak segera dibalik nama, mobil yang lain menjadi mobil ke 4, yang berarti kenaikan pajaknya lumayan signifikan. Untungnya di daerah saya sedang ada pemutihan sampai juni. Dan balik nama untuk sedaerah gratis. Acara bagi bagi ktp pun terjadi.

Sebenarnya masih ada satu lagi yang mengganjal. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber yang saya baca, penghitungan pajak nya dengan cara mengalikan presentase kenaikan dengan harga jual. Nah, bagaimana mekanisme penghitungan harga jualnya? Harga jual kendaraan kita tahu sangat variatif, bahkan untuk kendaraan dengan tahun dan tipe yang sama. Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual mobil. Lantas bagaimana harganya bisa ditentukan? atau mungkin samsat sudah punya patokan sendiri untuk semua tipe dan tahun kendaraan? fiuh, pasti ribet urusannya yang satu ini. Ada yang sudah tahu mungkin? monggo di share di sini.

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

12 Responses to Bener atau nggak motor nggak kena pajak progresif?

  1. blognyamitra says:

    Sempet denger2 juga kalo motor nantinya juga akan kena pajak progresif.

  2. blognyamitra says:

    Hitung2an pajaknya (Jakarta) seperti ini (saya kutip dari email temen saya)

    D‎​ear all,
    Berikut kami informasikan bahwa : Terhitung pendaftaran STNK tgl 03 Januari 2011 terjadi kenaikan akibat pengenaan pajak progresif atas komponen PKB [Pajak Kendaraan Bermotor] DKI Jakarta

    Kondisi tarif yang berlaku adalah untuk kendaraan pribadi :
    ◦ Kendaraan ke-1 adalah sebesar 1.5% dari tabel harga kendaraan [atau 15% dari nilai BBN]
    ◦ Kendaraan ke-2 adalah sebesar 2.0% dari tabel harga kendaraan [atau 20% dari nilai BBN]
    ◦ Kendaraan ke-3 adalah sebesar 2.5% dari tabel harga kendaraan [atau 25% dari nilai BBN]
    ◦ Kendaraan ke-4 dst adalah sebesar 4.0% dari tabel harga kendaraan [atau 40% dari nilai BBN]
    Kode yang menunjukkan kendaraan tsb adalah yang ke …. dicantumkan dibawah cetakan ”STNK BLK s/d ……..” dengan penyebutan 001 ➔ kendaraan pertama; 002 ➔ kendaraan kedua; 003 ➔ kendaraan ketiga; 004 ➔ kendaraan keempat ; dst

    Perhitungan kenaikan PKB adalah sbb :
    Contoh misalkan BBN 14 jt, maka :
    Kend 1 : 15% dr 14 jt, 2,1 jt
    Kend 2 : 20% dr 14 jt, selisih 0,7 jt
    Kend 3 : 25% dr 14 jt, selisih 1,4 jt
    Kend 4 dst : 40% dr 14 jt, selisih 3,5 jt.

  3. gak ngerti ah….kalo berat ya gak usah dibayar toh:mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  4. Cak Pur says:

    wah kayaknya bakalan ribet a?

  5. raiderobie says:

    @ blognyamitra: itu untuk wilayah jkt ya pak bro? wilayah jatim gmn?
    @ extraordinaryperson : walah, klo nggak dibayar pajaknya gmn mas bro? mati surat nya…
    @ aditninjamaniac: mudah2 an motor g usah..hehe
    @ cak pur: tul! ribet, pokoknya klo urusan duit pasti dibikin ribet
    @ sevi : ok2

  6. blognyamitra says:

    Iya itu buat Jakarta, kalo wilayah Jatim kurang tahu mas. Setahu saya tiap daerah punya itung2annya sendiri.

  7. Bonsai Biker says:

    wah jadi gimana motor kena gak

  8. asmarantaka says:

    wess…pakai KTP kakak, adik, papa, mama,nenek,kakek,bulik,om…digunakan dong..ngk bakalan kena dah..xixixiix:mrgreen:

  9. raiderobie says:

    @ bonsai : kalau d tempat saya katanya petugasnya nggak kena pak bro…
    @ asmarantaka : iya pak bro… mari digalakkan semua ktpnya… hehehe

  10. Edy Cisitu says:

    pertama sy pernah mengurus perpanjanga stnk,,pas diloket harus mengantri di loket progesif,kelurlah data kendaran sy yg sdh di jual,pesan saya seandainya agan agan yg mempunyai kendraan lebih dari 1,lebiah baik DIBLOKIR ,minta Folmuri untuk memblokir kendaraan yang sdh di jual,tidak susah ko,cuma antri di loket PROGESIFNYAselamat berjuang kawan merdeka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s