Ini nih alasan kenapa produk india harganya murah!!

Kita sering kali dibikin heran dengan banderol produk produk india. Pasti bisa lebih miring dengan produk jepang, namun dengan kualitas yang lumayan baik. Sebagai contoh banderol motor motor india yang juga beredar disini. Ambillah bajaj pulsar 180. Bayangkan, awalnya harganya sudah kompetitif eh masih juga dipangkas lagi menjadi 17jt kurang. Dengan harga segitu kompetitor merek jepang “cuma” menyediakan moped atau bebek. La ini sudah motor batangan, dengan power lumayan, bahkan di atas honda tiger.

Ada beberapa alasan kenapa banderol produk produk india ini bisa begitu kompetitif. India memiliki banyak enginer berkualitas namun mau terima bayaran yang lebih murah dibandingkan negara lain. Misal di amerika engineer gajinya USD 100 000, namun engineer india dengan kemampuan yang sama cukup terima USD 40 000 saja. Bayangkan cost yang bisa di hemat oleh pabrik yang mempekerjakan ratusan bahkan ribuan engineer. Tenaga kerja murah ini yang membuat Daimler, GM, dan Bosch  membuat pusat R & D di Bungalore India.

Selain tenaga kerja yang bermutu dan murah, India juga sekaligus pasar yang sangat potensial. Ditopang jumlah penduduk yang besar, bisnis di India menjadi lebih menjanjikan. Ibaratnya untung dikit nggak masalah soalnya lakunya banyak. Jadi India tidak hanya pusat R & D dan produksi yang murah namun sekaligus juga pasar yang sangat potensial. Inilah mengapa banyak brand dunia berbondong bondong kesana, paling baru harley davidson juga ikut bikin pabrik.

Strategi selanjutnya agar bisa murah yaitu membuat proses produksi yang simpel. Ongkos produksi yang dikeluarkan oleh Mahindra & Mahindra’s hanya seperempat dari ongkos produksi Ford. Selain simpel produk India juga konservatif. Misal Mahindra Scorpio yang hanya ditawarkan dengan 5 pilihan. Atau di sini kita mengenal juga produk bajaj yang konservatif. jujur, saya merasa semua produk bajaj itu bentuknya sama atau mirip sekali. Banyak sekali common part, jadi ongkos produksi murah.

Kalau dilihat dari beberapa hal diatas, sebenarnya indonesia juga punya potensi. Disini tenaga kerja murah, pasar juga luas. Namun kualitas tenaga kerja belum begitu bagus. Ini yang perlu dibenahi. Dengan semakin banyaknya tenaga terampil yang profesional dan tentu gaji miring, tidak musatahil kelak akan banyak brand brand dunia berbondong bondong bikin pabrik di sini. Syukur syukur putra indonesia bisa menciptakan brand sendiri yang bahkan bisa mencaplok brand yang melegenda seperti yang telah dilakukan pabrikan india, Tata dengan mencaplok jaguar dan land rover.

sumber:

http://machinist.in/index.php?option=com_content&task=view&id=1045&Itemid=2

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

22 Responses to Ini nih alasan kenapa produk india harganya murah!!

  1. Dengan semakin
    banyaknya tenaga terampil
    yang profesional dan tentu
    gaji miring, tidak musatahil
    kelak akan banyak brand
    brand dunia berbondong
    bondong bikin pabrik di sini.

    Kok opsinya ngenes banget to pak?gaji miring..berarti klo ga kontrak permanen ya outsorcing to??hiks,nasib cuma jadi kacung tingkat ndlosor di negri sendiri..

  2. dan di Indonesia pertamax makin naik aja

  3. dan Indonesia masih demen dijajah. Juga birokrasi dan perpajakan yg makin nambah Cost

  4. ridertua says:

    pemburu pertamax ………merajalela
    lha berarti china lebih murah lagi ?

  5. Hafifi says:

    Kalau SDM nya sih udah mumpuni kok imho.. Cuma sistem birokrasi dan perpajakan yang ruwet dan mbulet membuat investor asing enggan melirik pasar Indonesia.

  6. meong says:

    heran juga sih, byson dan nmp versi india dibanderol kurang dari 13 juta, dibikin disini melambung jd hampir 20 juta.
    ini berarti ongkos produksinya 50% lebih mahal dari india.
    uniknya lagi pulsar180 yg masih cbu masih bisa dibanderol 15,9 juta!!
    gila banget….!!
    klo dipikir2 nmp, byson, r15 apa gak lebih baik CBU aja dari india klo lihat p180 yg CBU aja masih bisa lebih kompetitif ketimbang nmp dan byson yg CKD.

  7. asmarantaka says:

    menurut kabar Bajaj itu kualitas besinya ngk sebagus jepang..namun dengan harga dipasaran saat ini..bajaj masih dapat untung besar:mrgreen:

  8. blognyamitra says:

    Ekonomi biaya tinggi di Indonesia yang membuat investor baru lebih milih India, Malaysia ato Thailand.

  9. Darmawan says:

    india merajalela nih

  10. ridertua says:

    Dani Ramadian says:
    21 Desember 2010 pukul 9:32 am

    @Darmawan
    Gimana bro persiapan “High Speed Touring” versi KoBOI
    Chapter East Java?:mrgreen:
    Multi Brand mak nyossss…xixixi

    Jangan lupa bawa :
    – Jaket Turing (jangan yg bolong²)
    – Knee Protector (harus baru!!!)😀
    – Helm Fullface (yg nggak mambu)
    – Sepatu + kaoskaki (pinjaman kalo bisa)
    – Motor harus monoshock😀
    – Handuk n Sabun cair, yg banyak
    – Autan (obat anti nyamuk)
    – Sarung or Selimut
    – Obat²an pribadi
    – dll

  11. india aja bisa???kapan kita??

  12. raiderobie says:

    @lek djie: kondisinya sekarang demikian pak bro… negara tetangga tenaga kerja juga murah…
    @Triyanto banyumasan: iya sih pak bro… biarpun bikin pabrik di sini tetep saja kirim upeti ke negara asalnya
    @hafifi: betul bro.. kadang di sini urusan surat menyurat lebih mahal daripada pokoknya sendiri
    @meong: betul bro.. padahal built up biasanya lebih mahal y dari ckd?
    @asmarantaka: wih, jualan murah aja untungnya besar, gimana klo agak mahal y pak bro?
    @blognyamitra, rudy soul & darmawan: semoga selanjutnya indonesia pak bro..
    @ridertua: wah2 sing wis belanja protector!xixixi! ak pinjem sepatune pak bro..hehe

  13. ridertua says:

    wis gak diupdate to iki… sibuk ngejar berita…🙂

  14. gardjoew says:

    yang penting jangan kayak mocin aja…🙂

  15. Bonsai Biker says:

    di sine orangnya pinter tapi pinter maido thok

  16. yang bikin mahal kalo bikin pabrik dsini itu pungli…dan infrastruktur buruk
    pengalaman om saya punya pabrik dalam sehari bisa didatangi 5-8 orang minta sumbangan, mulai dari organisasi masyarakat gak jelas sampai RT/RW minta duit buat benerin jalan dll😀 sampai preman kelas cere

    akhirnya pabriknya pindah ke vietnam dah…dah adem ayem aja sepertinya:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s