Berkendara aman nggak cukup hanya tau aturan, tapi juga kenali kebiasaan sekitar

Hari ini keluarga saya dapat musibah bro. Ibu saya kecelakaan. Pas lagi nyebrang, boncengan sama temannya diserempet motor lain dari belakang yang entah muncul darimana. Tapi alhamdulillah ibu saya nggak papa. Cuma temannya yang agak mengkhawatirkan. Soalnya sebelumnya juga baru kecelakaan. Sedangkan si penyerempet kata pak polisinya ada tulangnya yang patah. Belum sempat lihat, karena langsung ke puskesmas, bahkan motornya pun sempat disembunyikan di kandang sapi. Indikasi iktikat yang tidak baik. Sekarang si skywave menginap di polsek setempat.

Di daerah saya ini lalu lintasnya unik bro. Sering sekali saya dimaki maki karena belok. Walaupun sudah menyalakan sein dan sedikit demi sedikit belok mengambil ke kanan dari jauh, tapi tetep saja orang yang mau nyalip dari belakang mengambil sebelah kanan saya. Heran saya. Makanya kalau lalu lintas agak ramai saya mending berhenti, menepi sebentar. Padahal kalau dikota pokoknya sein menyala pasti pengendara di belakangnya otomatis menyalip dari arah sebaliknya dari sein tersebut. Semacam ketentuan umum lah. Itulah mengapa di kota walaupun traffic nya super padat tapi lebih jarang kecelakaan.

Di tempat saya ini sebetulnya lalu lintas tidak begitu ramai. Tapi rata rata berkecepatan tinggi semua. Apalagi sekarang jalan jalan baru diaspal ulang. Tambah kenceng aja perasaan motor motor berlalu lalang. Dan menurut pengamatan saya rata rata skill berkendara mereka tidak terlalu bagus. Jarang yang sering berkendara jauh. Jadi tahunya ya aturan setempat. Di daerah saya juga banyak daerah pegunungan dimana safety riding masih dipandang hal yang aneh. Pengendara tanpa helm jamak ditemukan di daerah daerah ini. Malah kalo ada yang pake helm itu baru aneh. Sesekali penduduk daerah ini turun dan membaur di lalu lintas yang lebih ramai. Nah, ini juga sangat berbahaya. Bukannya saya mendiskriminasi penduduk daerah tertentu, tapi sepanjang pengalaman saya demikian.

Tapi ya sudahlah, yang penting ibu saya baik baik saja. Semoga teman ibu saya juga baik baik saja. Termasuk si penyerempet semoga cepat pulih. Kejadian ini memberikan pelajaran berharga. Karena kebiasaan penduduk suatu daerah itu berbeda beda. Dan kita apabila melewati daerah tertentu sebaiknya memahami kebiasaan yang berlaku, agar bisa dengan aman menempatkan diri, termasuk berlalu lintas. Keep riding keep safety bro!!

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in safety riding campaign. Bookmark the permalink.

26 Responses to Berkendara aman nggak cukup hanya tau aturan, tapi juga kenali kebiasaan sekitar

  1. ridertua says:

    sik tak isi pertamax aja daripada antri🙂

  2. ridertua says:

    sering berkendara jauh=skill bagus = touringrider=……..? siapa😆

  3. ridertua says:

    Semoga cepat sembuh bro ibunya…

  4. Semoga lekas sembuh, ambil ibrohnya karena ga sadar kadang aku mungkin ugal-ugalan kali ya.. cuma orang lain yang nilai…

  5. touringrider says:

    hadeww, geleng2 wes nek musuh bikers kampung.. aq 2 minggu kmrn ditubruk dr belakang oleh anak smp gara2 ngerem/ngalah krn di depan ada truk.

  6. blognyamitra says:

    Semoga ibu cepat sembuh…kalo boleh tahu mas bro ini tinggal dmn ???

  7. raiderobie says:

    wih2.. malah udur uduran..hehe
    @ridertua : makasih pak bro.. alhamdulilah nggak papa.. cuma shock sama terkilir dan bengkak dikit kakinya
    @Triyanto banyumasan : iya pak.. yang penting semua selamat wis alhamdulilah, namanya juga apes..
    @touringrider : wih, gpp mas spyn? emang kudu super hati hati mas d desa walopun sepi..
    @blognyamitra : amiin.. makasih mas bro.. saya d trenggalek.. jatim

    • Dani Ramadian says:

      @Obie
      Walahhh…tak kiro Kediri bro.
      Sampéan tonggo karo Agung Soevi yo.
      Do’i paké CS1 juga…kalo nggak salah
      bilang masih tetangga…opo bener???🙂

      • raiderobie says:

        la iku konco uyar uyur ket sma pak bro… turing ke magetan e jadi ta? sevi tak ajak e sekalian y? yang saya test ride itu cs1 e sevi.. hehe…

      • Dani Ramadian says:

        ooo…
        Sip wis…Aq yo janjian karo dé’é. Tak jak
        gêlêm kok. Dadi sido diajak aja….
        Sip wis…tambah konco manéh mrono.

        btw,
        Aq biasa main ke nDurénan, Pogalan karo
        terminal TGalék…tapi taun 92-93 ikoo…
        xixixi

      • raiderobie says:

        yup2 ntar tak sms sekalian pak arek e
        la rumah saya pogalan lo pak. Durenan luruuuss terus
        ada temen di sini?

  8. asmarantaka says:

    wah daerah yg aneh..kalo kejadian kayak gitu didaerah ane bakalan dihajar habis2an itu..seperti kemaren pas ada beberapa anak sekolah yg udah belok sesuai tata tertib dan pakai sein….ehh..ada orang tua naik motornya nyalip dari kanan..padahal tuh motor belok ke kanan..kontan aja tuh orang tua udah mau di masa habis2an..ngk pandang bulu,mau tua apa muda..kalo ngawur hajar aja:mrgreen:

  9. andhi_125 says:

    moga cepet sembuh ibunya bro…
    kalo pepatah : dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung…gak perduli salah ato bener, ngelanggar ato nggak, kalo dah kebiasaan, ya mau gak mau kita pasrah aja…
    kebiasaan yang aneh juga🙂
    harus ada pionir buat kemajuan dan keselamatan berkendara tuh bro…bisa dimulai dari warga situ (ente maksutnya):mrgreen:
    ingat, yang namanya babat alas, pasti susah awalnya…sluman-slumun-slamet wis…
    nitip dagangan yo??:mrgreen:
    nuwus….
    http://asli-malang.blogspot.com/2010/11/switchkunci-rahasia-bikin-sepul.html

  10. Dani Ramadian says:

    @all
    Aq paling mangkel kalo masuk jalan yg belok kiri,
    sementara dr jln tersebut juga mau keluar motor
    lain. Berhenti, makan jalan sisi kanan. Kan kita,
    nggak bisa masuk/belok tuh.
    Kalo di klakson/bel…malah mendelik katé moring².
    Lho, sing salah sopo, kok malah ngéyél…
    Kudu nyampluk hélm aé wong gak eruh aturan iku…🙂

    Andhi125 sing tonggoku iku mesti eruh…
    xixixi

    • andhi_125 says:

      wah, wakeh sam lek kasus ngono iku….
      asli, bikin emosi jiwa…dibiarin, kita gak bisa jalan, diklakson, malah marah2…
      wes..wes…
      ono sing sampek tawur di desa sbelah (Karangjati) ya gara2 sama2 mendelik pas belokan kayak sampeyan itu…
      ojo disampluk helm masbro, kalo bawa motor butut, karatan, mending ditabrakno sekalian, ben tetanus…xi..xi…xi..

  11. raiderobie says:

    @andi125: makasih pak bro.. iya salah/bener manut adat waelah ben slamet..hehe
    @dani ramadian: sama pak, paling mangkel lagi klo pas mau nyebrang nunggu motor lewat ee lakok si motor belok kiri gak pake lampu sein.. kadung ngenteni tibake menggok..mau nyebrang jalan rame lagi

  12. Maskur® says:

    wah, di daerah memang seperti itu..banyak kecelakaan melibatkan anak umur SMP…yang bingung orang tuanya…

    sering tahu karena kakak adalah polisi sering diminta konsultasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s