Efek lanjutan kurang merawat cat hitam dof…

Praktis, sejak punya byson, si raider saya kandangkan. Kemaren, iseng – iseng saya pakai sekedar untuk memanasi mesinnya. Hmm… tarikan masih maknyus walopun lama nggak dipakai. Cuma agak aneh riding positionnya. Terbiasa memakai byson yang gendut, naik raider lagi rasanya kaya naik mainan. Terasa kecil banget. Namun, karena saya njemput teman yang kebetulan kakinya juga panjang akhirnya pulang lagi, ganti byson, hehe. Besoknya, pas raider saya bersihkan ada yang mengganggu. Yup, karat akut di sektor knalpotnya. Leher knalpot yang berwarna hitam dof terserang karat lumayan parah. Memang sih saya kurang merawat, selain juga karena faktor usia motor ini sendiri. Ditambah lagi pas saya pakai kuliah saya sering nggak sempat nyuci motor. Apalagi di kosan nggak bisa nyuci motor. Jadi hujan – kering – sampai hujan lagi tanpa dicuci, hehe.

Mikir mikir akhirnya toko spare part dan variasi jadi jujugan. Saya tanya sama penjualnya ada nggak pengusir karat yang sip. Sama penjual saya ditawari wd 40. Saya baca dikalengnya memang untuk mengatasi karat sih. Akhirnya saya beli. Dicobalah ke leher knalpot si raider. Memang agak berkurang sih. Tapi nggak bisa bersih. Sudah terlanjur akut mungkin karatnya. Tapi efek positifnya blok mesin yang ikut tersemprot saya lap ee lakok kinclong, hehe. lumayanlah.

Jadi harus ekstra nih membersihkan si abu abu byson biar nggak bernasib sama. Ada satu pasien lagi yang mau saya coba, leher knalpot suzuki skywave yang juga mulai menguning.

knalpot suzuki raider berkarat

awal disemprot...

wd 40

wd 40 nya....

knalpot suzuki raider

setelah didiamkan beberapa saat lalu digosok gosok sampe keringatan, lumayan berkurang..

knalpot suzuki raider

sisi baliknya sudah akut...jan koproh alias jorok.xixixi

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in OOT. Bookmark the permalink.

12 Responses to Efek lanjutan kurang merawat cat hitam dof…

  1. azizyhoree says:

    nice share gan, wah tapi kalo header mah emang udah nasibnya me ngunig gitu kok..kena panas + reaksi kimia antara CO2 dan O2 dan lain sebagainya , arghihi ayas hallah soktau.com😀

  2. raiderobie says:

    wih, dah muncul lagi, gimana mas merapi?
    hehe, iya memang sudah kodratnya ya mungkin? tapi klo krom nggak separah ini mas..dulu tiger saya nggak karatan, cuma kromnya agak kuning.. tp y aneh byson / raider misalnya knalpotnya krom

  3. Wah aku yo telat ngrawat, Knalpot si tagor akirnya di amplas dan di cat tahan panas …lumayan si hasilnya
    Hati-hati juga ma yg ginian http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/11/modus-baru-penipuan-uang-dengan-ponsel/

  4. azizyhoree says:

    sesuai coment sotoy ku yg paling atas,> ada reaksi kimia…. nah plat baja/pipa std dengan chrom kan beda mas secara struktur kimia…. 😀 pasti beda juga reaksi yg terjadi jika diberi perilaku panas + bersinggungan dengan udara bebas cmiiw (sok tau meneh)🙂

    alhamdulillah merapi mereda, tp abu vulkaniknya bikin saya gagal datang ke JMCS dan minggu depan harus kejarta naik kereta (lha bandaranya tutup)😦
    nitip ya:
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/11/gagal-datang-ke-jmcs/

    • raiderobie says:

      iya mas, klo krom kan dilapisi gitu, jd lebih awet

      klo pesawat emang rentan sama debu vulkanik mas..apalagi yang mesin jet. klo debu nya kesedot masuk bisa ciloko..

      monggo2.. disinin bebas nitip jemuran..hehe..

  5. andhi_125 says:

    temennya jerapah yo ?? kok kakinya panjang🙂
    kalo knalpot krom, terus menguning, kayak tiger or GL series, bisa diakali dengan telaten menggosok pake pasta gigi (merek sakarep) abis nyuci ato pas nyante🙂
    dulu GL-Max saia kuningnya melebihi gigi, setelah rutin diterapi, rada lumayan
    tapi kalo knalpot sekarang, yang udah pada pake dicat tahan panas ato cat dof gitu belum nemu caranya sih…🙂

    • raiderobie says:

      wkwkwkwk… iya pak, aliran kaki jerapah… lawong raider di standar tengah aja kaki temen saya masih bisa selonjoran..xixi
      gak cuma gigi aja ya yang bisa digosok pake pasta gigi?
      bisa dicoba itu pak…masak knalpot saingan sama gigi (kuningnya..xixixi)

  6. hahaha… jadi inget si kuning dulu…berkalung emas…:mrgreen:

Leave a Reply

