Yamaha SZX versi pahe dari Yamaha fz alias yamaha Byson

Varian motor sport di india memang seabrek mengingat disana nggak ada bebek. Demikian juga dengan pabrikan yamaha di india. Untuk seri FZ saja ada 3 pilihan, yaitu fz yang sebelas dua belas dengan byson, FZS yang sama dengan FZ tapi dengan warna warna lebih sporty plus visor, yang terakhir Fazer yaitu FZ dengan half fairing (nggak banget deh untuk disini kayaknya). Dan sekarang ada lagi varian baru untuk kelas 150cc yamaha. Yaitu yamaha SZ dan SZX. Keduanya sama cuma yang SZX “agak” sedikit lebih mewah dengan adanya visor.

SZ dam SZX ini ditujukan untuk segmen di bawah FZ atau byson. Tapi menurut saya masih tetep keren desainnya. Masih ada aura FZ terutama di tangki. Berbeda dengan FZ, SZ ini masih tromol (bakal diserang habis habisan nih kalau dikeluarin disini masih tromol). Suspensi belakang pun masih stereo. Untuk harga SZ ini ditawarkan seharga 49000 rupee atau setara dengan 9.885.225 rupiah (gak usah kaget..motor di india memang lebih murah, hehe). Sedangkan FZ disana, lebih spesifik lagi di Bangalore/karnataka adalah 75099 rupee atau setara dengan 15.150.425 rupiah. Selisih lumayan banyak ya?

Menarik sekali seandainya YMKI menghadirkan SZ disini, tentunya dengan terlebih dulu ditambah cakram kalau nggak mau dicaci maki fans berat honda. Toh paling nambah 1jt sekian. Masih tetap murah. Kalau itu terjadi hmmm…, siap siap Thunder 125 dan Pulsar 135 terlibas. Lawong ini cc nya lebih besar, desain lebih yahud dan fresh. Mari berandai andai. Kalau FZ disana dibandrol 15jt sedangkan disini 20 jt berarti nambah 5 jutaan. Berarti ini 10jt ditambah 5 juta jadi 15jt. Masih mumpuni untuk head to head harga dengan Thunder 125.

Lebih detail spesifikasinya sebagai berikut
Engine

Engine type Air-cooled, 4-stroke, SOHC
Displacement 153 cc
Bore & Stroke 58.0 × 57.9 mm
Compression ratio 9.5:1
Maximum power 12.1PS / 7,500 rpm
Maximum torque 12.8N.m / 4500 rpm
Starting system Electric Start + Kick Start
Lubrication wet sump
Cylinder layout Single cylinder
Clutch type wet, multiple disc
Ignition system C.D.I
Fuel supply Carburettor
Battery 12 V, 5 AH (10 AH)
Headlight Halogen bulb (12 V, 35/35 W)
Primary/Secondary reduction ratios 3.409/3.000
Tranmission type 5 gear constant mesh
Caster/Trail 26 degree/99 mm
Gear ratios 1st=2.714, 2nd=1.789, 3rd=1.318, 4th=1.045, 5th=0.916

Chasis

Frame type Diamond
Front suspension Telescopic
Rear suspension Swingarm
Front brake Drum(150 mm)
Rear brake Drum (130 mm)
Front tyre 2.75-17 41P
Rear tyre 100/90-17 55P

Dimension

Overall length x width x height 2,050mm x 730mm × 1,100mm
Kerb Weight 132 kg
Wheelbase 1,320mm
Minimum ground clearance 165mm
Engine oil volume 1.0 litres
Fuel tank capacity 14 liters
Seat Height 802 mm

tambahan, di salah satu blog india disebutkan konsumsi bbm nya nyampe 70km/liter. Gak tau falid ato nggak tapi kalau ini benar, merupakan konsumsi bbm yang fantastis untuk sport 150cc.

Silahkan cermati bentuk nyatanya…


lekukan tangki sama kaya FZ / Byson… Shroud tangki bagus juga….
cukup mewah untuk motor murah

About raiderobie

motorcycle lovers
This entry was posted in motor baru, Yamaha Byson. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s